Tuesday, May 24, 2016

Meet Up!#1 Journalist Workshop by CNN Indonesia



Rabu 18 Mei 2016 adalah hari keberuntungan dimana Icha bisa kepilih jadi peserta Journalist Workshop (Studio & Editorial Office Tour, ON-SCREEN CASTING) yang diadakan oleh CNN Indonesia. Secara semuanya terjadi secara gak sengaja gitu. Bersyukur pada Tuhan atas keajaiban dan keberuntungan yang terjadi. Journalist Workshop itu dimulai dari jam 09.00-15.00 yang bertempat di Auditorium Bank Mega Lt.3 Jl.Kapten P.Tendean Kav. 12-14A Jakarta Selatan. 

Meskipun acaranya free, CNN selektif dalam memilih pesertanya. Peserta yang mendaftar untuk Workshop ini sebanyak 700 orang namun yang dapat mengikuti acara ini sebanyak 200 orang. Para peserta begitu antusias tuk mengikuti acara Meet Up#1 Journalist Workshop yang diadakan oleh CNN ini. Speakers yang hadir dalam acara diantaranya:

1.Prabu Revolusi (Anchor)
2.Alexandra Asmasoebrata (Anchor)
3.Revolusi Reza (News Production Head)
4.Niki Charles (Business Operation Head)

Pertama acara dibuka oleh Dinda selaku tim PR dari CNN. Dinda pun mengantar kami semua untuk mengikuti Office Tour CNN. Jadi para peserta berkeliling mengunjungi studio-studio untuk tempat peliputan berita dari studio 2,4 dll. 
  



Setelah Office Tour kami semua kembali ke Auditorium lalu tak lama disambung kata pembukaan dari Ketua PR dan Marcomm CNN. Setelah keduanya membuka acara lalu dilanjutkan dengan Ka Prabu Revolusi, Anchor.

Disini Prabu Revolusi banyak berbagi cerita tentang bagaimana menjadi Anchor dari sebuah acara berita dan juga bagaimana menjadi journalist serta bagaimana menjadi public speaking yang baik . Kalau kata Prabu "jadi Journalist itu gak harus tampang oke tapi punya skill dan passion dibidang itu" 

Setelah Prabu selesai berbagi cerita dan juga tips public speaking. Ka Alexandra pun bercerita bagaimana dirinya banting setir dari seorang pembalap menjadi seorang anchor. Menurut Ka Aelxandra, "jadi journalist itu asik karena kerja sambil jalan-jalan ke China, Singapore dll dibayarin company dan juga menikmati pekerjaan itu sendiri. Kalau punya kerja dan nikmatin pekerjaan itu hidup jadi menyenangkan" 

Seusai itu para penonton beserta  kedua anchor melakukan sesi photo-photo bersama dan juga foto personal baik itu bersama Prabu ataupun Alexandra. 

Menjelang siang hari, kami semua makan siang bersama. Setelah makan siang barulah Revolusi Reza mempersentasikan ttg produksi berita yang baik seperti apa. Dan sampailah pada pembicara yang terakhir yaitu Niki Charles. Dia menjelaskan berbagai posisi-posisi yang ada di CNN. 

Acara itu ditutup oleh On-Screen Casting..Yang mengikuti On-Screen Casting sekitar 20 orang. Jadi setiap orang diminta membawakan berita didepan kamera baik itu dengan bahasa Indonesia ataupun dengan bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Terimakasih CNN untuk kesempatan mengikuti Workshop Journalism dan On Screen Castingnya :3

Sukses buat teman-teman yang lolos Screen Casting. Semoga kalian next Anchor selanjutnya di CNN :3 Semoga CNN makin maju dan sukses selalu! :3

No comments:

Post a Comment